10 Tempat Wisata Kota Jogja yang Paling Terpopuler dan Hits Tahun 2017

Tempat wisata Kota Jogja – Menikmati wisata kota Jogja memang menjadi pilihan dari beberapa orang, baik yang datang secara sendiri atau bersama dengan keluarga atau pasangan bahkan rombonganpun tak sedikit yang datang ke kota gudeg ini. Kota ini memang istimewa dan selalu menjadi idaman bagi pecinta wisata. Tak pernah mati pesona Jogja dari dulu hingga kini, bahkan semakin hari semakin hidup. Banyak diantara kebudayaannya yang masih dipegang erat oleh masyarakat hingga kini. Untuk mengetahui bagaimana istimewanya tempat wisata di kota Jogja, mari baca ulasan dibawah ini tentang beberapa objek wisata yang ada di Kota Jogja, yaitu:

Taman Pintar

Taman Pintar
by instagram @nenk_ifa

Taman Pintar menjadi wisata dalam kota Jogja yang terletak persis di jantung Kota Jogja tepatnya di Jl. Panembahan Senopati Nomor 1-3 Jogja. Taman Pintar ini menjadi rekomendasi bagi yang menginginkan wisata keluarga, karena disini menyajikan wisata edukasi yang pastinya sangat cocok untuk buah hati Anda. Disini banyak terdapat zona permainan yang aman untuk anak dan masing-masing memiliki keasyikan sendiri-sendiri. Untuk sarana edukasinya, disini terdapat beberapa ruang yang masing-masing memiliki kegunaannya sendiri, seperti ruang profesi disini pengunjung dapat melihat macam-macam profesi yang ada didunia. Ruang sains menyediakan ilmu pengetahuan alam secara umum hingga beberapa penemuan, dan masih banyak ruangan lainnya yang pastinya akan membuat anak menjadi semangat dalam belajar. Selain ruang bermain dan belajar ada juga toko buku yang menyajikan buku untuk anak maupun dewasa, semua ada disini. Bisa dijadikan sebagai oleh-oleh yang bermanfaat bukan? Untuk masuk pengunjung diharuskan membayar Rp. 10.000,00 untuk anak-anak dan bagi kaum dewasa Rp. 18.000,00. Dengan jam buka Rp. 09.00 sampai 18.00 setiap harinya, pastikan datang untuk menambah pengetahuan Anda.

Taman Sari

Taman Sari
by instagram @nona.dhila

Taman Sari merupakan salah satu tempat wisata kota Jogja yang menjadi warisan sejarah karena tempat ini dulunya merupakan tempat pemandian raja dan ratu Jogja secara turun temurun. Dari Keraton Jogja letak taman ini hanya 500 meter jadi hanya butuh 15 menit saja jika ingin berjalan kaki dari sana. Gemericik air yang mengalir dipadu dengan keindahan bentuk arsitektur kunonya membuat tempat ini menjadi pilihan jika ingin datang ke Jogja. Didalamnya terdapat empat kompleks bangunan yaitu Danau Buatan, Pesarean Ledok Garjitiwati dan Sari, Pemandian Umbul Binangun, Jembatan Gantung dan ada juga Kanal tetapi kini sudah tidak berfungsi lagi. Karena lokasinya yang sejuk dengan beberapa lorong yang ada menjadikan tempat ini sebagai lokasi favorite untuk foto prewedding. Dan untuk harga tiket masuknya cukup membayar Rp. 3.000,00 saja satu orang. Dibuka setiap hari dari jam 08.00 sampai 18.00 WIB.

JELAJAHI JUGA :  Rekomended 13 Tempat Wisata Malam Jogja 24 Jam Anti Mainstream

Keraton Jogja

Keraton Jogja
by instagram @tikmargarini

Keraton Jogja menjadi tempat wisata di pusat kota Jogja yang keberadaannya tidak bisa dipisahkan dengan Kota Jogja. Bangunannya yang khas Jawa ini mempunyai nama asli Kraton Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dengan pendopo dan pelataran yang luas. Disini terdapat musem yang akan menjawab pertanyaan seputar sejarah Kota Jogja ataupun sejarah Keraton Jogja. Mulai dari gamelan, kereta kerajaan, naskah, foto, pusata dan lian sebagainya. Buka setiap hari dari jam 08.30 sampai 14.00 khusus Jum’at sampai pukul 13.00 saja. Dan untuk masuk perlu membayar Rp. 5.000,00 satu orangnya. Murah bukan?

Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg
by instagram @syamsulasarif

Museum Benteng Vredeburg merupakan tempat wisata Jogja kota yang terletak di Jl. A. Yani Nomor 6 Jogja. Di museum ini kita dapat melihat peninggalan sejarah kemerdekaan RI. Disini kita dapat mengetahui bagaimana perjuangan rakyat Jogja untuk melawan Belanda dan merebut hingga mempertahankan kemerdekaan yang ada. Benteng ini dibangun tahun 1765 oleh Belanda untuk melindungi Keraton Jogja dan daerah yang ada disekitar kraton. Tapi sejatinya, dibangunnya benteng ini adalah untuk mengontrol semua kegiatan yang ada di Keraton Jogja. Walaupun begitu, kini keberadaan Benteng Vredeburg menjadi wisata kota Jogja yang menyajikan nilai sejarah dalam bentuk diorama yang dibuat sedemikian rupa seakan hidup. Ada juga foto pejuang bangsa, hingga sragam dan persenjataannya. HTM Rp. 1.000,00 untuk anak-anak, dewasa Rp. 2.000,00 dan untuk wisatawan asing Rp. 10.000,00. Benteng ini dibuka dari hari Selasa sampai Minggu dari jam 07.30 sampai 16.00 WIB.

Kawasan Wijilan

Kawasan Wijilan
by instagram @yusti.dahlan

Kawasan Wijilan ialah wisata kota Jogja dan sekitarnya yang menjadi kawasan favorite bagi pecinta gudeg. Karena disepanjang kawasan ini, pengunjung akan disuguhi berbagai macam gudeg dengan pelengkap yang pastinya akan membuat lidah Anda bergoyang. Sudah semestinya setiap hari lokasi ini ramai dengan wisatawan baik wisatawan lokal maupun luar daerah. Untuk menemukan kawasan ini tidaklah sulit karena letaknya yang dekat dengan Keraton Jogja. Yang menjadi ciri khas sebelum sampai ke Wijilan akan ada lorong yang menyerupai gerbang berwarna putih yang merupakan peninggalan dari Kerjaaan Mataram Kuno dan biasa disebut Plengkung Gading. Setelah sampai, pengunjung bisa memilih gudeg mana yang ingin dibeli, rata-rata harganya mulai dari Rp. 10.000,00 hingga Rp. 20.000,00 satu porsinya. Sedangkan untuk gudeg kendil mulai dari Rp. 40.000,00 hingga Rp. 200.000,00 dan bisa juga dijadikan oleh-oleh yang pastinya cocok untuk keluarga dirumah.

JELAJAHI JUGA :  Goa Kiskendo - Lokasi, Rute, Pesona, Sejarah dan Harga Tiket Masuk

Tugu Jogja

Tugu Jogja
by instagram @alammumu

Tugu Jogja yang merupakan ikon kota Jogja ini keindahannya tidak pernah lekang oleh waktu. Setiap hari ada saja orang yang sengaja berhenti untuk mendapatkan foto dari tugu yang berwarna putih dihiasi dengan emas ini. Tugu Jogja menjadi wisata kota Jogja gratis dan menawan. Tugu ini dibangun tahun 1756 setelah Jogja berdiri satu tahun, jadi pantas saja jika tempat ini menjadi andalannya Jogja. Keistimewaan lain dari tugu ini adalah letaknya yang menghubungkan Gunung Merapi, Keraton Joga hingga ke Laut Selatan. Hingga kini banyak mitos yang berkembang mengenai kebenaran peletakan Tugu Jogja ini. Walaupun begitu, keindahannya tak akan lekang oleh waktu, dari sini kita bisa melihat indahnya bangunan tua dan binar lampu saat malam hari. Bagi para pelajar yang berasal dari luar daerah sering kali melakukan tradisi mencium dan memeluk tugu ini sebagai tanda sayang terhadap Jogja. Lokasinya ada diperempatan Jl. Pangeran Diponegoro, Jl. A.M. Sangaji, Jl. Pangeran Mangkubumi dan Jl. Jendral Sudirman.

Malioboro

Malioboro
by instagram @andri_pancoro

Malioboro adalah wisata kota Jogja yang wajib dikunjungi, hampir tidak ada orang yang tidak datang ke Malioboro setelah datang ke Jogja. Malioboro sendiri merupakan pusat perbelanjaan yang ada di Jogja, semua yang menjadi ciri khas Jogja ada disini, mulai dari batik, bakpia, kaos Dagadu, dan masih banyak lainnya semua ada disini. Mulai dari pedagang asongan hingga mall ada disini. Sebagai surganya belanja di Jogja, Malioboro kian hari kian menampakkan eksistensinya sebagai kawasan perbelanjaan elit dengan membangun trotoar khusus pejalan kaki yang dilengkapi dengan tempat duduk yang bisa di gunakan untuk istirahat saat capek melanda. Jika malam tiba, tempat ini menjadi lokasi favorite untuk sesi fotografi, lampu jalannya yang menghiasi menjadikan tempat ini istimewa.

JELAJAHI JUGA :  15 Destinasi Tempat Wisata Alam Jogja dan Sekitarnya yang Lagi Hits

Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man
by instagram @sbykulinerinfo

Angkringan Lik Man menjadi wisata kota Jogja malam hari yang wajib dikunjungi saat berada di Jogja, mengapa demikian? Karena disini menyajikan menu khusus selain menu biasanya yang ada di angkringan. Menu spesial yang ada adalah kopi joss. Dinamakan begitu karena penyajian kopi ini sangat unik, dimana kopi hitam yang ada saat ingin disajikan dituangi dengan bara api yang membara sehingga menimbulkan suara jos, konon suara itulah yang menjadi asal mula nama kopi joss. Walaupun mengandung bara api tapi kopi ini aman untuk dikonsumsi, karena beberapa mahasiswa UGM pernah melakukan penelitian untuk kopi yang satu ini. Letaknya yang tidak jauh dari Tugu Jogja membuatnya mudah untuk ditemui. Cukup dengan Rp. 3.000,00 Anda akan mendapatkan kopi joss yang melegenda. Selamat mencoba.

Pasar Bringharjo

Pasar Bringharjo
by instagram @ardanabd

Pasar Beringharjo merupakan wisata kota Jogja dekat Malioboro bahkan bersebelahan langsung dengan Malioboro. Pasar ini berumur hampir sama dengan umur Jogja dimana dibangun pada tahun 1758 dan menjadi pasar tertua di Jogja. Pasar ini memiliki konsep yang unik yaitu one stop shopping karena disini semua ada mulai dari sovenir pernikahan, batik, jajanan pasar dan lainnya yang semuanya diberi harga grosir. Setiap hari selalu ada yang datang dan rela berdesakan untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

Titik Nol Kilometer Jogjakarta

Titik Nol KM
by instagram @malioboro_insta

Titik Nol Kilometer Jogjakarta merupakan wisata sepanjang masa, dari dulu sampai sekarang, wisata kota Jogja 2017 ini tidak ada matinya. Titik Nol Km ini merupakan titik penentu dan dijadikan patokan untuk menghitung jarak daerah DIY dengan daerah diluar DIY. Banyak yang tidak tahu dimana Titik Nol Km ini, jika dianggap Keratonlah maka jawaban Anda salah, titik ini berada di area lintasan dari arah Alun-alun Utara sampai daerah Ngejaman di bagian ujung Selatan dari Malioboro. Karena keunikan dan keindahannya, setiap hari ada saja yang datang untuk sekedar foto atau nongkrong.

Selain destinasi wisata kota Jogja yang menjadi tujuan berwisata saat di Jogja, Anda juga bisa berlibur ke beberapa tempat wisata di Jogja dekat Malioboro. Semoga dengan artikel yang ada dapat membantu perjalanan Anda.

Tags: