14 Tempat Wisata Kuliner Jogja Legend dan Paling Terkenal

Tempat Wisata Kuliner Jogja – Menikmati indahnya Jogja tidak akan lengkap rasanya tanpa kehadiran makanan khasnya yang membuat pengunjung jatuh cinta dan ingin kembali lagi ke Jogja. Wisata kuliner Jogja menyediakan berbagai macam pilihan yang menggoda, diantara yang ada adalah:

Gudeg Pawon

Gudeg Pawon
by instagram @evelinyulian

Bagi sebagian orang pastilah sudah tahu bahwa kuliner khas dari Jogja adalah gudeg. Gudeg sendiri merupakan makanan khas Jogja yang terbuat dari daging nangka yang masih muda. Jika berada di jogja pasti akan banyak menemui penjual gudeg. Diantara yang ada adalah Gudeg Pawon, tempat makan yang satu ini juga dapat dikatakan melegenda karena berdiri sejak tahun 1958 dan sampai sekarang masih eksis. Untuk penyajian gudeg disini, pengunjung akan mendapatkan gudeg yang masih panas dan dimasak di tungku sederhana dengan bahan bakar utama kayu atau yang dikenal dengan sebutan pawon, jika dalam bahasa Indonesia berarti dapur. Tempatnya yang sederhana tidak memuat pengunjung urung untuk datang, bahkan saat malam tiba, tempat wisata kuliner di Jogja ini akan diserbu oleh pengunjung ataupun langganan. Mulai buka dari jam 22.30 sampai habis menjadi alternatif menikmati dinginnya malam di Jogja dengan kuliner yang berbeda.

Angkringan Lik Min

Angkringan Lik Man
by instagram @sbykulinerinfo

Seperti yang kita ketahui, angkringan merupakan tempat kuliner yang murah meriah untuk semua kalangan, selain karena harga, angkringan juga memiliki budaya tersendiri bagi penikmatnya. Disini banyak menuangkan cerita yang akan menghiasi malam. Wisata kuliner malam Jogja ini memang meramah banyak tempat, di Jogja sendiri yang paling istimewa dalah Angkringan Lik Min. Mengapa angkringan ini sangat melegenda? Karena Angkringan Lik Min ini menjadi yang pertama ada di Jogja yaitu pada tahun 1969, sejak saat itu keberadaan angkringan mulai terkenal seperti sekarang ini. Sama seperti angkringan lannya, disini menyajikan menu nasi kucing, aneka gorengan, sate telur puyuh dan yang menjadi berbeda adanya kopi joss. Kopi joss ini menjadi idola tersendiri karena penyajiannya yang cukup unik, dimana kopi yang akan disajikaan dicampur dengan arang yang masih membara sehingga mengeluarkan bunyi joosss, dari situlah nama kopi joss diambil. Wisata kuliner Jogja murah dan enak ini dibandrol dari harga Rp. 2.000,00 sampai Rp. 15.000,00 untuk menikmati satu porsi lengkap. Berada di kawasan Stasiun Tugu menjadikan tempat ini sangat stategis. Jam buka angkringan ini dari jam 18.00 sampai habis.

Kedai Darling Jogja

Kedai Darling Jogja
by instagram @jogjaeatguide

Jogja memang selalu memiliki keunikan tersendiri, sebut saja tempat tongkrong anak muda ini bernama Kedai Darling Jogja. Wisata kuliner Jogja terbaru ini menyajikan pilihan makanan dari Thailand. Untuk para muda mudi yang ingin menghabiskan malam bersama pasangan atau teman, tempat ini sangat direkomendasikan karena kedai ini dibuka dari jam 16.00 sampai pukul 22.00 WIB. Kedai yang berada di Jl. Profesor Yohanes ini kini menjadi tempat favorite bagi anak muda kebanyakan.

Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong
by instagram @eatfever

Wisata kuliner kota Jogja selanjutnya adalah sate klatak. Sate ini menjadi salah satu kuliner khas dari Jogja. Rasanya yang unik menjadikannya berbeda dengan sate lainnya, bumbu khasnya yang terbuat dari kecap, merica dan garam menjadi andalan dengan komposisi yang pas. Jika sudah datang ke Jogja tapi tidak menikmatinya akan sangat rugi. Kuliner yang ini berada di Jl. Imogiri Timur di Km 10, Wonokromo, Pleret, Bantul.

Bakmi Mbah Mo

Bakmi Mbah Mo
by instagram @ginartoarif

Satu lagi wisata kuliner khas Jogja yang harus dikunjungi yaitu Bakmi Mbah Mo. Kenapa harus dikunjungi? Karena kuliner yang satu ini selain menyajikan rasa bakmi yang khas juga cita rasanya yang selalu konsisten. Tidak sedikit pejabat negara maupun daerah yang datang ke tempat ini. Dibuka dari jam 17.00 sampai jam 23.00 ini kelezatan yang ada siap untuk membuat Anda kembali. Bakmi yang disajikan ada beberapa pilihan diantaranya bakmi nyemek, bakmi goreng, bakmi godog dan bakmi lainnya. Untuk menikmatinya langsung saja datang ke Desa Code di Bantul.

Kedai 24 Jam

Kedai 24 Jogja
by instagram @maritafajriani

Kedai 24 Jam ini menjadi salah satu wisata kuliner Jogja Utara yang lebih tepatnya berada di Jl. Kledokan 3 dan di Jl. Damai 2 Jakal. Kuliner yang satu ini menjadi alternatif banyak mahasiswa atau pelajar yang mencari kuliner dengan harga murah tapi nikmat. Bagaimana tidak, disini tersedia menu sarden dan mie segala rasa. Selain itu juga menjadi wisata malam Jogja untuk pelajar karena waktu buka selama 24 jam, pastinya lebih menguntungkan.

Ayam Geprek Bu Rum Jogja

Ayam Geprek Bu Rum Jogja
by instagram @apple_honeymelon

Bagi para pelajar di Jogja, tempat ini sangat terkenal dan menjadi idola sebagai wisata kuliner Jogja siang hari. Warung makan yang berada di Jl. Wulung Lor, Papringan Depok ini memiliki berbagai pilihan menu yang semuanya memiliki cita rasa yang lezat dan pedas. Dari berbagai menu yang ada seperti sayur, tempe, nasi, yang menjadi incaran adalah ayam tepungnya. Ayam tepung dengan siraman sambal ditambah dengan nasi putih hangat pasti akan memuaskan rasa lapar Anda. Mula dari harga Rp. 7.000,00 pengunjung dapat menikmati satu porsi nasi dengan pilihan lauk dan sayur yang memadai dan pastinya kenyang. Buka dari pukul 10.00 sampai 16.00 WIB cocok untuk menikmati makanan di Jogja dengan murah.

Nasi Goreng Bringharjo

Nasi Goreng Bringharjo
by instagram @franzeskayuli

Menjadi yang harus dikunjungi jika ada di Jogja. Tempat ini sudah buka mulai tahun 1960 dan memiliki cita rasa yang dihadirkanpun masih sama. Buka dari jam 19.00 WIB ini berada di Jl. Pabringan. Dengan resep masa lalu yang masih khas akan rempahnya mampu menarik minat pengunjung yang datang. Banyak diantaranya menjadi pelanggan tetap, nasi goreng yang ada bisa memilih nasi goreng babi atau ayam. Selain nasi goreng ada juga bakmi goreng, bihun goreng dan juga babi kecap. Selain wisata kuliner diatas juga ada wisata kuliner Jogja Pak Bondan.
Selain keberadaan makanan khas dan cemilan ataupun makanan berat lainnya, Jogja juga menyediakan wisata kuliner seafood Jogja yang pastinya tak kalah lezatnya dengan tempat laninya, diantara :

Seafood Suka Rasa Samudra

Seafood Suka Rasa 99
by instagram @uekocuakep86

Seafood Suka Rasa Samudra merupakan salah satu restoran yang populer dengan wisata kuliner Jogja khususnya untuk menu seafood. Bagi para foodee tidak usah khawatir karena ditempat ini segala macam pilihan seafood tersedia. Walaupun tempatnya tidak terlalu besar tetapi kebersihan disini sangat terjaga sehingga pengunjung yang datang tidak akan merasa risih atau semacamnya. Selain itu, harga seafood disini juga termasuk murah dibandingkan lainnya.

Kangen Laut

kangen laut jogja
by anakkamera.files.wordpress.com

Namanya saja sudah Kangen Laut, pastinya disini akan mengobati kangen kalian dengan segala penghuni lautnya. Restauran yang satu ini menyajikan beragam pilihan seafood yang dilengkapi dengan pemandangan yang cukup sepi dan damai. Letaknya yang tidak berada dikeramaian juga menjadi alasan utama keberadaan tempat ini menjadi favorite bagi para foodee. Letaknya ada di Jl. Palagan Tentara Pelajar, untuk lebih tepatnya, lokasi ini terletak setelah Hotel Hyyat Jogjakarta.

Bakmi & Seafood 99

Bakmi & Seafood 99

Wisata kuliner Jogja Kabupaten Sleman ini menjadi terkenal setelah membuka tiga cabang yang semuanya terletak di kawasan Sleman, yaitu Gemawang Dinduadi Mlati, Gejayan, dan di Kalasan. Menu seafood yang ada disini sangat khas karena merupakan perpaduan antara rasa khas seafood dengan menu masakan China. Salah satu yang paling digemari adalah cumi saus tiram, hidangan ini menjadi yang banyak dipesan diantara yang lainnya. Selain seafood ada juga kwetiaw, capcay, nasi goreng dan beragam jenis ikan laut lainnya. Dengan kisaran harga mulai dari Rp. 10.000,00 sampai dengan Rp. 30.000,00 menjadikan tempat ini sebagai pilihan tempat wisata kuliner Jogja murah dan enak.

Warung Cak Sule

Warung Cak Sule
by instagram @gretfy_

Restoran seafood selanjutnya adalah Warung Cak Sule, letaknya ada di Jl. Parangtritis yang tentunya sangat strategis untuk kuliner. Disini menyediakan beraneka ragam ikan laut bakar. Ada juga capcay, kwetiaw, nasi goreng dan berbagai menu lainnya.

Banyak pilihan wisata kuliner Jogja pagi hari, diantara beberapa yang menjadi andalah selain karena rasanya yang nikmat tetapi juga harganya yang bersahabat, beberapa diantaranya adalah:

Nasi Pecel Jogja

Nasi Pecel Jogja
by instagram @robby_w3st

Pecel merupakan makanan legendaris yang ada di tanah Jawa, makanan yang terdiri dari berbagai sayur mayur yang kemudian dituangi atau disiram dengan kuah sambal kacang yang khas dan bisa dilengkapi dengan krupuk sebagai penambah rasa gurih yang ada. Jika Anda berada di Jogja langsung saja datang ke Jl. Adi Sucipto, letaknya sangat strategis karena berada di jalan utama Jogja-Solo. Warung yang dimaksud adalah Warung Pecel Pincuk Gumilang, dilihat secara sekilas hampir mirip dengan warung pecel pada umumnya tapi untuk masalah cara penyajian dan rasa yang dihadirkan sangat berbeda dan pastinya menggoyang lidah Anda. Yang menjadikan pecel disini istimewa karena pecel yang ada memiliki rasa khas pecel Blitar dengan sentuhan manis dan asin serta dibumbuhi dengan rasa sedikit pedas atau sesuai selera.

Saoto Bathok Mbah Karto

Saoto Bathok Mbah Karto
by instagram @lailadwiharyani

Selain terkenal dengan menu sarapannya, tempat ini juga menjadi wisata kuliner murah di Jogja sebab untuk menikmati kelezatannya cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp. 5.000,00 untuk satu porsinya. Warung soto terletak di belakang dari Candi Sambisari, yang menjadi viral disini karena penyajian soto yang cukup unik yaitu menggunakan bathok atau dalam bahasa Indonesia berarti tempurung kelapa. Dari sinilah nama Soto Bathok bermula. Rasanya yang gurih juga tertuang secara alami dengan suguhan pemandangan alam yang hijau membentang didepan warung, hal ini yang menjadi incaran dari banyak pengunjung yang datang.

Setelah membahas banyak tentang wisata kuliner Jogja tidak salah jika kita memahas tentang tempat di Jogja yang keberadaannya menjadi hits bahkan diantara yang ada menjadi wisata di Jogja yang harus dikunjungi saat berkunjung ke Jogja. Yang lebih terpenting lagi, bukan hanya makanan yang selalu dinikmati atau tempat yang selalu dijelajahi, tapi menikmati moment yang ada di Jogja itu akan lebih mengesankan.

Tags: